Welcome

Senin, 31 Oktober 2011

Diposting oleh BSI123S0704

PRINSIP DAN PETUNJUK


Antarmuka pengguna secara alamiah terbagi menjadi empat komponen: model pengguna, bahasa perintah, umpan balik dan penampilan informasi. Model pengguna merupakan dasar dari tiga komponen yang lain.

·         Model Pengguna
Merupakan dasar dari tiga komponen yang lain.
·         Model Mental Pengguna
Merupakan model konseptual yang dimiliki oleh pengguna ketika  ia menggunakan sebuah sistem atau program aplikasi.
·         Umpan Balik
Komponen ketiga yang diartikan sebagai kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk mengoperasikan program itu sendiri. Umpan balik dapat berbentuk pesan penjelasan, pesan penerimaan perintah, indikasi adanya obyek terpilih dan penampilan karakter yang diketikkan lewat papan ketik.
Beberapa bentuk umpan balik terutama ditunjukkan kepada pengguna yang belum berpengalaman dalam menjalankan program sebuah aplikasi. Umpan balik dapat digunakan untuk memberi keyakinan bahwa program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud perintah tersebut.
·         Tampilan Informasi
Komponen keempat digunakan untuk menunjukkan status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan. Pada bagian ini perancang harus menampilkan pesan – pesan tersebut seefektif mungkin sehingga mudah dipahami oleh pengguna.
      
          Setelah kita memahami beberapa prinsip dalam perancangan antarmuka pengguna  pada bagian berikut ini akan diberikan petunjuk singkat tentang perancangan antarmuka yang akan Anda lakukan sebagai seorang perancang tampilan.

0 komentar:

Posting Komentar


Nama Anggota Kelompok IV

1. 12106396 Tri Hartanto
2. 12107408 Putut Joko Sutrisno
3. 12107409 Ayu Wandira
4. 12107411 Weni Setyaningsih
5. 12107414 Sisca Sephani Tampani
6. 12107422 Muhamad Rizki
7. 12107423 Rizki Yudistira
8. 12107426 Yohanes G Duffresse
9. 12107428 Eva Chaerani
10. 12107429 Jeffry Julian Waruwu

Buku Tamu

>

Operator 1

Operator 2

Apakah blog ini bermanfaat?