Welcome

Senin, 31 Oktober 2011

Diposting oleh BSI123S0704


Salah satu kriteria penting dari sebuah antarmuka adalah tampilan yang menarik. Seorang pengguna, apalagi pengguna baru, biasanya tertarik untuk mencoba sebuah program aplikasi dengan terlebih dahulu tertarik pada suatu tampilan yang ada di hadapan matanya.
Dokumentasi rancangan dapat dikerjakan atau dilakukan dalam beberapa cara:
  • Membuat sketsa pada kertas
  • Menggunakan peranti prototipe GUI 
  • Menuliskan tekstual yg menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dgn jendela yang lain
  •  Menggunakan peranti bantu yang disebut CASE (Computer Aided Software Engineering) 
CARA  PENDEKATAN
Sebuah program aplikasi pastilah ditujukan kepada pengguna, yang utama bukan perancang program aplikasi tersebut. Program aplikasi pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) kategori besar yaitu :
  • Special Purpose Software
Yaitu program aplikasi untuk keperluan khusus dengan pengguna khusus pula. Kelompok calon pengguna yang akan memanfaatkan program aplikasi tersebut mudah diperkirakan baik dalam hal keahlian pengguna maupun ragam antarmuka yang akan digunakan. Untuk Kelompok ini ada satu pendekatan perancangan berpusat ke pengguna (user centered design approach) yaitu perancangan antarmuka yang melibatkan pengguna. Artinya pengguna diajak untuk aktif berpendapat ketika perancang antar muka sedang menggambar “wajah” antarmuka yang mereka inginkan. Pengguna menyampaikan keinginannya, sementara perancang menggambar keinginan pengguna tersebut sambil menjelaskan keuntungan dan kerugian wajah anarmuka yang diinginkan oleh pengguna serta kerumitan implementasinya.

        Contoh : Program aplikasi untuk inventory gudang, pengelolaan data akademis mahasiswa,        pelayanan reservasi hotel, dan program – program aplikasi yang serupa
  • General Purpose Software
         Perancang program aplikasi yang dimasukkan dalam kelompok General Purpose Software perlu menganggap bahwa program aplikasi tersebut akan digunakan oleh  pengguna dengan berbagai tingkat kepandaian dan karakteristik yang sangat beragam. Di satu sisi keadaan ini dapat ia gunakan untuk memaksa pengguna menggunakan antarmuka yang ia buat, tetapi pada sisi lain pemaksaan itu akan berakibat bahawa program aplikasinya menjadi tidak banyak penggunanya.
       Satu kunci penting dalam pembuatan modul antarmuka untuk     program – program aplikasi pada kelompok ini adalah dengan melakukan customization. Dengan customization pengguna dapat menggunakan program aplikasi dengan wajah antarmuka yang sesuai dengan selera masing – masing pengguna.
Dengan adanya kemampuan ini, maka pengguna dapat memilih sendiri latar belakang desktop yang dia inginkan. Latar belakang standar barangkali bukan merupakan gambar favoritnya, sehingga pengguna dapat mengubahnya sesuai keinginan justru akan membuat mata pengguna itu sakit, dikarenakan mata harus melakukan akomodasi maksimum terus – menerus untuk menyesuaikan dengan warna tampilan yang ada.



 Contoh Cuztomization Desktop

1 komentar:

pagetade mengatakan...

Golden Nugget Casino - MapyRO
Welcome to the Golden Nugget Casino 시흥 출장샵 - your one-stop 대구광역 출장샵 shop for 전라북도 출장안마 all things Las Vegas. Start your Golden 안산 출장샵 Nugget casino journey today! 남원 출장안마 Use our coupon code NEWSTAND50 to

Posting Komentar


Nama Anggota Kelompok IV

1. 12106396 Tri Hartanto
2. 12107408 Putut Joko Sutrisno
3. 12107409 Ayu Wandira
4. 12107411 Weni Setyaningsih
5. 12107414 Sisca Sephani Tampani
6. 12107422 Muhamad Rizki
7. 12107423 Rizki Yudistira
8. 12107426 Yohanes G Duffresse
9. 12107428 Eva Chaerani
10. 12107429 Jeffry Julian Waruwu

Buku Tamu

>

Operator 1

Operator 2

Apakah blog ini bermanfaat?